22 September 2019
INFORMASI
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DPMPTSP KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
09:16

Perdagangan

Perdagangan Perkembangan Rata-rata Harga Bahan Pokok

Perkembangan harga 9 bahan pokok dan barang penting lainnya mengalami sedikit kenaikan jika dibanding tahun sebelumnya, hal ini sebagai dampak dari kenaikan harga pembelian gabah oleh Pemerintah, naiknya harga kopra dan pengaruh musim yang mempengaruhi kelancaran angkutan barang. Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut: harga kelapa dan hasil-hasilnya; 2 Pengadaan 9 bahan pokok dan barang penting lainnya.

Sampai saat ini di Kabupaten Indragiri Hilir belum ada distributor yang khusus terhadap barang strategis. Sub penyalur khusus gula pasir yang ditunjuk yaitu KUD Karya Baru di Concong Luar dan KUD Hidup baru di Teluk Kelasa, Keritang, tidak menjalankan fungsinya. Namun pengadaan 9 bahan pokok dan barang penting tetap lancar dan tidak terganggu.

Perdagangan Antar Pulau

Perdagangan antar pulau yang membawa barang-barang tetap dalam pengawasan, yakni minyak kelapa dan minyak goreng selama mengalami kenaikan hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya pemakaian kopra dan minyak kelapa sebagai bahan baku pabrik minyak goreng lokal. Perdagangan kopra meningkat 25,09 persen, minyak kelapa naik 32,7 persen dan minyak goreng turun 48,47 persen.

Perdagangan Luar Negeri

Pengawasan mutu barang ekspor di daerah ini dilakukan oleh petugas pengambil contoh dari Balai Pengujian dan Sertifikat Mutu Barang (BPSMB) Departemen Perdagangan Pekanbaru dan Petugas pengambil contoh untuk komoditas udang unggul beku dilakukan oleh Dinas Perikanan Tinggkat II Indragiri Hilir. Ada 5 (lima) jenis komoditas yang diawasi mutu ekspornya, yaitu sebagai berikut :

  • Bungkil Kopra, bungkil kopra diproduksi oleh PT. Pulau sambu Cabang Kuala Enok, petugasnya dari BPSMB
  • Minyak Kelapa, Komoditas minyak kelapa diproduksi oleh PT. Pulau Sambu dan CV. AE Brother’s Company, petugas pengambil contoh dilakukan oleh BPSMB Pekanbaru.
  • Minyak Goreng, Komoditas minyak goreng diproduksi oleh PT. Sambu Cabang Kuala Enok dengan petugas pengambil contoh dari BPSMB Pekanbaru
  • Bungkil Inti Kelapa, Komoditas bungkil inti kelapa sawit diproduksi oleh PT. Pulau Sambu dengan petugas pengambil contoh dari BPSMB Pekanbaru¬†¬†
  • Udang beku, Komoditas udang beku diproduksi oleh Perusahaan Karya Utama di Concong Luar dengan petugas pengambil contoh dari Dinas Perikanan Tingkat II Indragiri Hilir.

Copyright © 2017 - 2019 DPMPTSP KAB. INHIL. All Rights Reserved.