19 Agustus 2019
INFORMASI
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DPMPTSP KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
05:21

PENGUMUMAN

Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Nomor 24 Tahun 2018 tentang Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik  (Online Single Submission/OSS), dengan ini kami sampaikan bahwa DPMPTSP Kabupaten Indragiri Hilir, tetap buka seperti biasa, untuk melayani Pelaku Usaha yang membutuhkan informasi, bantuan dan Konsultasi , antara lain :

  1. Melayani informasi mengenai kebijakan investasi di sektor tertentu.
  2. Melayani permohonan perizinan berusaha yang tidak diatur dalam PP No.24/2018 (sebagaimana terlampir)
  3. Membantu menjelaskan mengeneai Prosedur permohonan permohonan perizinan berusaha melalui sistem OSS;
  4. Membantu memfasilitasi permasalahan yang dihadapi oleh Pelaku Usaha dalam merealisasikan investasinya di Indonesia;
  5. Melakukan Koordinasi dengan Kementrian/Lembaga termasuk Pemerintah Provinsi Kabupaten/ Kota

Demikian Pengumuman ini disampaikan untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Download lampiran

SYARAT & JENIS PERIZINAN

  1. Persyaratan Teknis
    1. Surat Pernyataan Pemenuhan Komitmen atau tanpa Komitmen
    2. Permohonan pemenuhan Komitmen Izin Lokasi
    3. Peta yang memuat koordinat polygon batas letak lokasi
    4. Rencana kegiatan usaha atau rencana penggunaan dan pemanfaatan tanah
    5. Pernyataan mengenai letak dan luas tanah yang sudah dikuasai oleh Pelaku Usaha dan Pelaku Usaha lain yang merupakan 1 (satu) grup.
    6. Advice Planning dari Dinas PUPR
    7. Rekomendasi Kepala Desa/Lurah
    8. Surat pernyataan bersedia menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) secara berkala
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    2. Izin Lokasi dan lampiran
    3. Pertimbangan Teknis Pertanahan
  3. Pelaku Usaha wajib menyampaikan permohonan pemenuhan Komitmen Izin Lokasi paling lama 10 (sepuluh) hari sejak Lembaga OSS menerbitkan Izin Lokasi kepada Kantor Pertanahan.
  4. Perpanjangan Izin Lokasi
    1. Surat pernyataan luas tanah yang dikuasai sudah mencapai 50% (lima puluh perseratus) atau lebih dari luas tanah yang ditunjuk dalam Izin lokasi;
    2. Peta/sketsa yang memuat titik koordinat batas letak lokasi yang dimohon;
    3. Rencana kegiatan usaha;
    4. Rekomendasi hasil monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kab. Inhil;
    5. Bukti Pembayaram biaya pelayanan yang sah;
    6. Surat permohonan dan keputusam perpanjangan izin lokasi;
    7. Realisasi kegiatan penanaman modal sesuai proposal rencana kegiatan.
  1. Syarat Persetujuan Pemenuhan komitmen
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Dokumen Amdal. UKL/UPL
    3. Rekomendasi/Notifikasi dari OPD terkait
  1. Pelaku non usaha langsung mendaftar ke SIMBG
  2. Pelaku usaha mendaftar melalui OSS untuk mendapatkan NIB dan kemudian mendaftar ke SIMBG
  • Untuk Bangunan Umum Rumah Tempat Tinggal
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
        2. Fotocopy KTP
        3. Fotocopy NPWP
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah (SHM, HGB )
        2. Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
      3. Dokumen dan Surat terkait
        1. Surat Keterangan Kesesuaian Tata Ruang
        2. Surat Pernyataan Izin tetangga diketahui RT dan RW serta Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.
        3. Dokumen lingkungan
        4. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        5. Foto Lokasi Bangunan
        6. Bukti Lunas PBB tahun berjalan
        7. Surat Kuasa dari pemilik bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan (fotocopy KTP dilampirkan)
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana teknis      bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis dari OPD terkait
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.

 

  • Untuk Bangunan Umum Rumah Toko (Ruko) dan sejenisnya
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp.6.000
        2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
        3. Fotocopy KTP
        4. Fotocopy NPWP
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah (SHM, HGB )
        2. Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa.
      3. Dokumen dan surat terkait
        1. Surat keterangan kesesuaian tata ruang
        2. Surat Pernyataan Izin tetangga diketahui RT dan RW serta Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.
        3. Dokumen lingkungan
        4. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        5. Foto Lokasi Bangunan
        6. Bukti Lunas PBB tahun berjalan
        7. Rekomendasi Pemadam Kebakaran (lebih dari 1 lantai)
        8. Surat Kuasa dari Pemilik Bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan (Fotocopy KTP dilampirkan)
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana       teknis          bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
      2. Surat jaminan konstruksi yang dibuat oleh konsultan bersertifikat untuk bangunan lebih dari 1 (satu) lantai bermaterai Rp.6.000,-
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis  dari OPD terkait
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  • Bangunan Khusus (Pabrik, Pondasi Tangki, Pagar, Dermaga, Kawasan Perumahan)
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
        2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
        3. Fotocopy KTP
        4. Fotocopy NPWP
        5. Akta pendirian perusahaan dan perubahannya
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah (SHM, HGB/HGU )
        2. Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
      3. Dokumen dan surat terkait
        1. Surat keterangan kesesuaian tata ruang
        2. Surat Pernyataan Izin tetangga diketahui RT dan RW serta Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.
        3. Dokumen lingkungan
        4. Izin Lokasi
        5. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        6. Foto Lokasi Bangunan
        7. Bukti Lunas PBB tahun berjalan
        8. Surat Kuasa dari pemilik bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan (Fotocopy KTP dilampirkan)
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana       teknis          bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
      2. Surat jaminan konstruksi yang dibuat oleh konsultan bermaterai Rp.6.000,-
      3.  Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang       dibuat oleh Konsultan perencana dan disetujui oleh pemohon.
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis dari OPD terkait.
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  • Menara Telekomunikasi (IMB MENARA)
    1. Syarat Administrasi (3 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp, 6.000
        2. Nomor Induk Berusaha
        3. Fotocopy KTP
        4. Fotocopy NPWP
        5. Akta pendirian perusahaan dan perubahannya
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah
        2. Fotocopy surat perjanjian sewa-menyewa
        3. Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
      3. Dokumen dan surat terkait
        1. Surat keterangan kesesuaian tata ruang
        2. Dokumen lingkungan
        3. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        4. Foto Lokasi Bangunan
        5. Bukti Lunas PBB tahun berjalan
        6. Surat Pernyataan melaksanakan sosialisasi Rencana pembangunan Menara (surat dan Foto kegiatan)
        7. Fotocopy IMB bangunan (diperuntukan untuk menara diatas bangunan)
        8. Surat Pernyataan/Persetujuan warga sekitar pada radius sesuai ketinggian menara telekomunikasi ditambah 25% (dua puluh lima perseratus)  yang dihitung dari tapak menara yang diketahui Ketua   RT/RW serta Lurah /Kepala Desa dan Camat.
        9. Rekomendasi Kepala Desa/Lurah setempat
        10. Rekomendasi Camat setempat
        11. Surat pernyataan jaminan bertanggung jawab atas keberadaan menara telekomunikasi (kesanggupan memperbaiki/mengganti/memelihara dan menanggung semua resiko atas segala akibat yang mungkin timbul dari kerusakan atas bangunan yang dibangun oleh pemohon)
        12. Surat kuasa dari pemilik bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan ( Fotocopy KTP dilampirkan)
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana       teknis          bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
      2. Surat jaminan konstruksi yang dibuat oleh konsultan bermaterai Rp.6.000,
      3. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang   dibuat oleh Konsultan perencana dan disetujui oleh pemohon.
      4. Laporan test uji beton (Hammer test report) terhadap bangunan yang menopang menara untuk menara diatas bangunan
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis dari OPD terkait.
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  • Bangunan Beralih Fungsi
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp.6.000
        2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
        3. Fotocopy KTP
        4. Fotocopy NPWP
        5. Akta pendirian perusahaan dan perubahan
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah (SHM)
      3. Dokumen dan surat terkait
        1. Fotocopy surat keterangan kesesuaian tata ruang
        2. Surat Pernyataan Izin tetangga diketahui RT dan RW serta Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.
        3. Dokumen lingkungan
        4. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        5. Foto Lokasi Bangunan
        6. Bukti lunas PBB tahun berjalan
        7. Surat Kuasa dari pemilik bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan (fotocopy KTP dilampirkan)
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana       teknis          bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
      2. Surat jaminan konstruksi yang dibuat oleh konsultan bermaterai Rp.6.000,-
      3. Surat pernyataan kelayakan bangunan yang dikeluarkan oleh konsultan bangunan gedung.
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis dari OPD terkait
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  • Bangunan Keagamaan
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
        2. Fotocopy KTP
        3. Fotocopy NPWP
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah
        2. Surat pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
      3. Dokumen dan Surat terkait
        1. Fotocopy surat keterangan kesesuaian tata ruang
        2. Surat Pernyataan Izin tetangga diketahui RT dan RW serta Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.
        3. Dokumen lingkungan
        4. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        5. Foto Lokasi Bangunan
        6. Bukti lunas PBB tahun berjalan
        7. Rekomendasi FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama)
        8. Surat Kuasa dari pemilik bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan (fotocopy KTP dilampirkan)
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana       teknis          bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
      2. Surat jaminan konstruksi yang dibuat oleh konsultan bermaterai Rp.6.000,-
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis dari OPD terkait
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  • Bangunan Reklame (IMBR)
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Data Pemohon
        1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
        2. Fotocopy KTP
        3. Fotocopy NPWP
        4. Akta pendirian perusahaan dan perubahannya
      2. Data Tanah
        1. Fotocopy Surat tanah
        2. Fotocopy surat perjanjian sewa menyewa
        3. Surat Pernyataan bahwa tanah tidak dalam status sengketa
      3. Dokumen dan Surat terkait
        1. Fotocopy surat keterangan kesesuaian tata ruang
        2. Surat Pernyataan Izin tetangga diketahui RT dan RW serta Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat.
        3. Dokumen lingkungan
        4. Surat pernyataan untuk mengikuti ketentuan dalam KRK (Keterangan Rencana Kabupaten/Kota)
        5. Foto Lokasi Bangunan
        6. Bukti lunas PBB tahun berjalan
        7. Surat Kuasa dari pemilik bangunan dalam hal pemohon bukan pemilik bangunan (fotocopy KTP dilampirkan).
        8. Pertimbangan teknis dari OPD terkait
    2. Persyaratan Teknis :
      1. Gambar rencana       teknis          bangunan   (site plan, denah, tampak (tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri), potongan (Pot A-A, Pot.B-B. Pot. Pondasi, Pot. memanjang Pot. melintang), detail)) dengan format autocad.
      2. Surat jaminan konstruksi yang dibuat oleh konsultan bermaterai Rp.6.000,-
    3. Persyaratan Penerbitan :
      1. Bukti Lunas Retribusi IMB
      2. Rekomendasi Teknis dari OPD terkait
    4. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.

SLF dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan SLF kepada DPERAKIM, kecuali untuk rumah tempat tinggal dapat dilakukan di DPMPTSP

  1. Persyaratan administrasi :
    1. Permohonan
    2. Surat kuasa dari pemilik bangunan apabila pemohon bukan pemilik bangunan
    3. Data tanah
    4. Surat pernyataan pengawas/manajemen kontruksi bahwa bangunan gedung layak fungsi
    5. Jasa penyedia jasa perencana, pelaksana dan atau pengawas/manajemen kontruksi
  2. Persyaratan administrasi permohonan perpanjangan SLF
    1. Permohonan
    2. Surat kuasa dari pemilik bangunan apabila pemohon bukan pemilik bangunan
    3. Data tanah
    4. Surat pernyataan penyedia jasa pengkaji teknis bahwa bangunan gedung layak fungsi
    5. Data penyedia jasa pengkaji teknis
  1. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Usaha Budi Daya Tanaman Perkebunan Komitmen  untuk usaha budi daya tanaman perkebunan berisi kesanggupan menyampaikan :
      1. Izin lokasi;
      2. Izin lingkungan;
      3. Rekomendasi kesesuaian dengan perencanaan pembangunan perkebunan provinsi dari gubernur;
      4. Izin pelepasan kawasan hutan, jika areal yang diminta berasal dari kawasan hutan;
      5. Hak Guna Usaha;
      6. Pernyataan mengenai :
        1. Rencana kerja pembangunan kebun inti dengan memenuhi ketentuan :
          1. Paling lambat 3 (tiga) tahun setelah pemberian status hak atas tanah, perusahaan perkebunan wajib mengusahakan lahan perkebunan paling sedikit 30% (tiga puluh perseratus) dari luas hak atas tanah; dan
          2. Paling lambat 6 (enam) tahun setelah pemberian status hak atas tanah, perusahaan perkebunan wajib mengusahakan seluruh luas hak atas tanah yang secara teknis dapat ditanami tanaman;
        2. Memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar, paling sedikit 20% (dua puluh perseratus) dari luas Izin Usaha perkebunan yang dilengkapi dengan rencana kerja dan rencana pembiayaan;
        3. Rencana pengolahan hasil;
        4. Memiliki sumber daya manusia, sarana, prasarana, dan sistem untuk melakukan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)
        5. Memiliki sumber daya manusia, sarana, prasarana dan sistem untuk melakukan pembukaan lahan tanpa bakar serta pengendalian kebakaran; dan
      7. Surat pernyataan dari pemohon bahwa status perusahaan perkebunan sebagai usaha mandiri atau bagian dari kelompok perusahaan perkebunan yang belum menguasai lahan melebihi batas paling luas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    2. Usaha Industri Pengolahan Hasil Perkebunan
      1. Komitmen untuk usaha industri pengolahan hasil perkebunan :
        1. Izin lokasi;
        2. Izin lingkungan;
        3. Rekomendasi kesesuaian dengan perencanaan pembangunan perkebunan provinsi dari gubernur;
        4. Dokumen pasokan bahan baku yang diusahakan sendiri paling sedikit 20% (dua puluh perseratus) dari kebutuhan total bahan baku;
        5. Dokumen pasokan bahan baku di luar 20% (dua puluh perseratus) diusahakan sendiri (perjanjian kemitraan);
        6. Rencana kerja pembangunan industri pengolahan;
        7. Hak Guna Bangunan;
        8. Pernyataan ketersediaan melakukan kemitraan yang diketahui kepala dinas yang menyelenggarakan sub urusan perkebunan.
    3. Usaha Perkebunan yang Teritegrasi antara Budi Daya dengan Industri Pengolahan Hasil Perkebunan
      1. Komitmen untuk usaha perkebunan yang Terintegrasi antara Budi Daya dengan Industri Pengolahan Hasil Perkebunan :
        1. Izin lokasi;
        2. Izin lingkungan;
        3. Rekomendasi kesesuaian dengan perencanaan pembangunan perkebunan provinsi dari gubernur;
        4. Izin pelepasan kawasan hutan, jika areal yang diminta berasal dari kawasan hutan;
        5. Hak Guna Usaha;
        6. Pernyataan mengenai :
          1. Rencana kerja pembangunan kebun inti dengan memenuhi ketentuan :
            1. Paling lambat 3 (tiga) tahun setelah pemberian status hak atas tanah, perusahaan perkebunan wajib mengusahakan lahan perkebunan paling sedikit 30% (tiga puluh perseratus) dari luas hak atas tanah; dan
            2. Paling lambat 6 (enam) tahun setelah pemberian status hak atas tanah, perusahaan perkebunan wajib mengusahakan seluruh luas hak atas tanah yang secara teknis dapat ditanami tanaman;
          2. Kesanggupan memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar, paling sedikit 20% (dua puluh perseraatus) dari luas Izin Usaha perkebunan yang dilengkapi dengan rencana kerja dan rencana pembiayaan;
          3. Rencana kerja pembangunan unit pengolahan;
          4. Memiliki sumber daya manusia, sarana, prasarana, dan sistem melakukan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan;
          5. Memiliki sumber daya manusia, sarana, prasarana dan sistem untuk melakukan pembukaan lahan tanpa bakar serta pengendalian kebakaran;
          6. Melaksanakan kemitraan dengan pekebun, karywab dan
        7. Surat pernyataan dari pemohon bahwa status perusahaan perkebunan sebagai usaha mandiri atau bagian dari kelompok perusahaan perkebunan yang belum menguasai lahan melebihi batas paling luas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Waktu Penyelesaian :
    1. Pelaku Usaha wajib menyampaikan pemenuhan Komitmen melalui OSS paling lambat 2 (dua) bulan sejak Izin Usaha Perkebunan yang diterbitkan di awal.
    2. DPMPTSP melakukan evaluasi paling lama 1 (satu) bulan sejak pemohon menyampaikan pemenuhan komitmen dan menyampaikan hasil evaluasi ke OSS.
  1. Persyaratan Administrasi)
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Usaha (dari OSS)
    4. Fotocopy Profil perusahaan meliputi akta pendirian perusahaan dan/atau perubahannya yang telah mendapatkan pengesahan/persetujuan/pemberitahuan dari Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia.
    5. Fotocopy Izin Lokasi
    6. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    7. Fotocopy Dokumen Lingkungan
    8. Fotocopy NPWP Perusahaan
    9. Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Periode terakhir
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Usaha Industri (dari OSS)
    4. Dokumen rencana perluasan industri
    5. Perubahan Izin Lingkungan (AMDAL, atau UKL-UPL)
    6. Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) periode terakhir.
    7. Surat pernyataan bahwa telah selesai melaksanakan persiapan dan kegiatan pembangunan, pengadaan, pemasangan/instalasi peralatan, dan kesiapan lain dalam rangka perluasan.
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Usaha Industri (dari OSS)
    4. Fotocopy Profil perusahaan meliputi akta pendirian perusahaan dan/atau perubahannya yang telah mendapatkan pengesahan/persetujuan/pemberitahuan dari Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia.
    5. Fotocopy Izin Lokasi
    6. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    7. Fotocopy Dokumen Lingkungan
    8. Fotocopy NPWP Perusahaan
    9. Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Periode terakhir
    10. Surat Keterangan dari Pengelola Kawasan Industri atau Kawasan Berikat
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Akta Pendirian Perusahaan
    2. Sertifikat Badan Usaha
    3. Formulir isian kualifikasi
  2. Persyaratan persetujuan pemenuhan komitmen
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Usaha Jasa Konstruksi (dari OSS)
    4. Izin lokasi
    5. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan
    6. Fotocopy Dokumen Izin lingkungan
    7. Bukti Lunas Retribusi PBB
    8. Bukti Lunas Retribusi Reklame
  3. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Persyaratan teknis
    1. Dokumen mengenai Nama, sumber dan karakteristik LB3 yang disimpan
    2. Dokumen tentang tempat penyimpanan Limbah B3
    3. Dokumen tentang pengemasan Limbah B3
    4. Dokumen tentang prosedur penyimpanan limbah B3
    5. Dokumen mengenai tanggap darurat limbah B3
    6. Dokumen mengenai rancang bangun fasilitas limbah B3 (design)
    7. Laporan kegiatan penyimpanan Limbah B3 (untuk perpanjangan/perubahan izin)
  2. Persyaratan persetujuan pemenuhan komitmen
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin lokasi
    4. IMB
    5. Izin lingkungan
    6. Izin Operasional (dari OSS)
    7. Fakta Integritas
    8. Notifikasi /Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu Penyelesaian 25 (dua puluh lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Persyaratan teknis
    1. Keterangan tentang lokasi (nama tempat/letak, luas dan titik koordinat)
    2. Uraian tentang sumber, jenis dan kode limbah B3 yang akan dikumpulkan.
    3. Karakteristik per jenis limbah B3 yang akan dikumpulkan
    4. Uraian tata cara pengemasan dan pemberian simbollabel Limbah B3
    5. Rancang Bangun tempat pengumpulan Limbah B3
    6. Uraian tentang tata cara pengumpulan limbah B3 dan proses perpindahan limbah B3 (penerimaan dan pengiriman)
    7. Diagram alir dan narasi lengkap proses pengumpulan limbah B3
    8. Uraian jenis dan spesifikasi teknis pengumpulan limbah B3 dan peralatan yang digunakan
    9. Sistem tanggap darurat
    10. Tata letak (layout) saluran drainase untuk penyimpanan Limbah B3 fasa cair.
    11. Kontrak kerjasama dengan pihak pemanfaat atau pengolah limbah B3
  2. Persyaratan persetujuan pemenuhan komitmen
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin lokasi
    4. IMB
    5. Izin lingkungan
    6. Izin Operasional (dari OSS)
    7. Fakta Integritas
    8. Notifikasi /Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu Penyelesaian 25 (dua puluh lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Teknis
    1. Informasi mengenai produksi
    2. Neraca massa air dan neraca air limbah
    3. Necara pengelola air limbah.
    4. Rona Lingkungan pada lokasu pemnafaatan air limbah
    5. Persetujuan karyawan dan masyarakat yang berada dalam radius 500 M dari lokasi pemanfaaatan.
  2. Persyaratan persetujuan pemenuhan komitmen
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/Operasional (dari OSS)
    4. Izin lingkungan
    5. Kajian pemanfaaatan air limbah ke tanah dan tertuang dalam dokumen UKL/UPL
    6. Fakta integritas
    7. Notifikasi/rekomendasi dari tim teknis
  3. Waktu Penyelesaian 25 (dua puluh lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Bidang Usaha Perdagangan Umum
    1. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
      1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai 6.000
      2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
      3. Izin Usaha (dari OSS)
      4. Izin Lokasi
      5. Dokumen Izin Lingkungan
      6. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
      7. Bukti Lunas Pajak Reklame
      8. Bukti Lunas PBB
    2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar
  2. Bidang Usaha Toko Swalayan
    1. Toko Swalayan yang berdiri sendiri
      1. Persyaratan Teknis :
        1. Memiliki hasil analisis kondisi sosial ekonomi masyarakat (kecuali mini market)
        2. Memiliki rencana kemitraan dengan usaha mikro dan usaha kecil.
      2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
        1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai Rp. 6.000
        2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
        3. Izin Usaha (dari OSS)
        4. Izin Lokasi
        5. Dokumen Izin Lingkungan
        6. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
        7. Bukti Lunas Pajak reklame
        8. Bukti Lunas PBB
        9. Notifikasi/rekomendasi dari instansi yang berwenang
      3. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
    2. Toko Swalayan yang Terintegrasi dengan Pusat Perbelanjaan atau Bangunan/ kawasan lain :
      1. Persyaratan Teknis :
        1. Memiliki hasil analisis kondisi sosial ekonomi masyarakat (kecuali mini market)
        2. Melampirkan izin usaha pusat perbelanjaan atau izin bangunan/kawasan lainnya tempat berdirinya toko swalayan
        3. Memiliki rencana kemitraan dengan usaha mikro dan usaha kecil untuk pusat perbelanjaan atau toko modern
      2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
        1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai Rp. 6.000
        2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
        3. Izin usaha (dari OSS)
        4. Izin Lokasi
        5. Dokumen Izin Lingkungan
        6. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
        7. Bukti Lunas Pajak Reklame
        8. Bukti Lunas PBB
        9. Notifikasi/Rekomendasi dari Instansi yang berwenang
      3. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap.
  3. Bidang Usaha Pusat Perbelanjaan
    1. Persyaratan Teknis :
      1. Memiliki hasil analisis kondisi sosial ekonomi masyarakat
      2. Memiliki rencana kemitraan dengan usaha mikro dan usaha kecil
    2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
      1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai Rp. 6.000
      2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
      3. Izin usaha (dari OSS)
      4. Izin Lokasi
      5. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
      6. Dokumen Izin Lingkungan
      7. Bukti Lunas Pajak Reklame
      8. Bukti Lunas PBB
      9. Notiikasi/Rekomendasi dari Instansi yang berwenang
    3. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.

Nomor Induk Berusaha berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Angka Pengenal Importir (API)

  1. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Pemberi Waralaba : memiliki prospektus penawaran waralaba
    2. Penerima Waralaba : memiiki perjanjian waralaba dan memiliki prospektus penawaran waralaba
    3. Pemberi Waralaba Lanjutan : memiliki prospektus penawaran waralaba
    4. Penerima Waralaba Lanjutan : memiliki perjanjian waralaba

Pemroses STPW penerima dari waralaba dalam negeri, STPW penerima waralaba lanjutan dari waralaba luar negeri, STPW penerima waralaba lanjutan dari waralaba dalam negeri adalah DPMPTSP Kabupaten/kota.

  1. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan Persetujuan Peemenuhan Komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Tanda Daftar Gudang (dari OSS)
    4. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    5. Izin Lingkungan
    6. Passport dan KITAS bagi penanggung jawab perusahaan jasa pergudangan yang berkewarganegaraan asing; dan
    7. Sertifikat layak fungsi (SLF)
    8. Bukti lunas Pajak Reklame
    9. Bukti lunas PBB
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP dari OSS)
    4. Izin Lokasi
    5. Izin Lingkungan
    6. IMB
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Hasil studi kelayakan
    2. Isi pendidikan
    3. Jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
    4. Sarana dan prasarana pendidikan
    5. Pembiayaan pendidikan
    6. Sistem evaluasi dan sertifikasi
    7. Manajemen dan proses pendidkan
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha
    3. Izin Usaha (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin lokasi
    6. Izin lingkungan
    7. Notifikasi Dinas Pendidikan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. OPD terkait sesuai dengan kewenanganya wajib melakukan penilaian terhadap hasil studi kelayakanan paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja.
    2. Komitmen Izin Operasional dan komitmen lainnya wajib dipenuhi oleh Pelaku usaha paling lama 1 (satu) tahun sejak diterimanya Izin usaha.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen setelah terpenuhinya komitmen izin operasional dan komitmen lainnya paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya pemenuhan komitmen dari Pelaku usaha.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Hasil studi kelayakan
    2. Isi pendidikan
    3. Jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
    4. Sarana dan prasarana pendidikan
    5. Pembiayaan pendidikan
    6. Sistem evaluasi dan sertifikasi
    7. Manajemen dan proses pendidkan
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan Persetujuan Pemenuhan Komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha
    3. Izin Usaha (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin lokasi
    6. Izin lingkungan
    7. Notifikasi Dinas Pendidikan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Komitmen Izin Operasional wajib dipenuhi oleh Pelaku usaha paling lama 1 (satu) tahun sejak diterimanya Izin usaha.
    2. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen setelah terpenuhinya komitmen izin operasional paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya pemenuhan komitmen dari Pelaku usaha.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil Klinik
    2. Sumber daya manusia, sarana prasarana, dan peralatan (Sumber daya manusia, sarana prasarana, dan peralatan dipenuhi berdasarkan standar Klinik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan)
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha
    3. Izin Komersial/Operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 1 (satu) bulan
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan verifikasi dan visitasi dalam jangka waktu paling lama 10 (sepuluh) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen dan mengeluarkan notifikasi persetujuan atau penolakan dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari sejak dilakukan visitasi.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dan menyampaikanya ke OSS dalam waktu 3 (tiga) hari kerja  sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis (Pemenuhan Komitmen)
    1. Dokumen kajian dan perencanaan bangunan yang terdiri dari Feasibility Study (FS), Detail Engineering Design dan master plan
    2. Pemenuhan pelayanan alat kesehatan
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha
    3. Izin Usaha (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 2 (dua) tahun
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan evaluasi pemenuhan komitmen paling lama 7 (hari) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen.
    3. Perpanjangan pemenuhan komitmen untuk melakukan perbaikan dalam jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun.
    4. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dan menyampaikannya ke OSS dalam waktu 5 (lima) hari kerja  sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil Rumah Sakit paling sedikit meliputi visi dan misi, lingkup kegiatan, rencana strategi, dan struktur organisasi
    2. Isian instrument self assessment sesuai klasifikasi Rumah sakit yang meliputi pelayanan, sumber daya manusia, peralatan, bangunan dan prasarana, dan administrasi manajemen
    3. Surat keterangan atau sertifikat izin kelayakan atau pemanfaatan dan kalibrasi alat kesehatan
    4. Sertifikat akreditasi
    5. Batas paling sedikit pemenuhan jumlah tempat tidur untuk Rumah Sakit penanaman modal asing sesuai dengan kesepakatan atau kerjasama internasional.
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Notifikasi dinas kesehatan (untuk rumah sakit type C dan D)
  3. Waktu Penyelesaian (Pemenuhan Komitmen)
    1. Pemenuhan komitmen dilakukan oleh Pelaku usaha paling lama 3 (tiga) bulan.
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan verifikasi dan visitasi dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari sejak pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen dan mengeluarkan notifikasi persetujuan/penolakan dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari sejak dilakukan visitasi.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dan menyampaikannya ke OSS dalam waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis
    1. Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA)
    2. Surat izin praktek apoteker
    3. Denah bangunan
    4. Daftar sarana dan prasarana
  2. Persyaratan persetujuan Pemenuhan Komitmen
    1. Permohonan Persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
    9. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 6 (enam) bulan
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan pemeriksaaan lapangan paling lama 6 (enam) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dalam waktu 3 (tiga) hari kerja  sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis (Pemenuhan komitmen)
    1. Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK)
    2. Surat izin praktik tenaga teknis kefarmasian sebagai penanggung jawab teknis
    3. Denah bangunan
    4. Daftar sarana dan prasarana
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
    9. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 6 (enam) bulan
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan pemeriksaaan lapangan paling lama 6 (enam) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dan menyampaikannya ke OSS dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis (Pemenuhan Komitmen)
    1. Denah dan bukti kepemilikan tempat atau surat sewa;
    2. Daftar alat kesehatan yang disalurkan
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin usaha (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lingkungan
    6. Bukti Lunas Pajak Reklame
    7. Bukti Lunas PBB
    8. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 2 (dua) Tahun
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan pemeriksaaan lapangan paling lama 12 (dua belas) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dalam waktu 3 (tiga) hari kerja  sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis (Pemenuhan komitmen) :
    1. Daftar sediaan Obat Tradisional yang akan diproduksi
    2. Memiliki paling rendah tenaga teknis kefarmasian atau tenaga kesehatan tradisional jamu Warga Negara Indonesia sebagai penanggung jawab teknis.
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 1 (satu) tahun
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan evaluasi dan verifikasi paling lama 3 (tiga) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen setelah evaluasi dan verifikasi paling lama 1 (satu) hari kerja .
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil laboratorium klinik
    2. Jenis pelayanan, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan peralatan
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
    9. Notifikasi Dinas kesehatan (sesuai dengan type laboratorium)
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 1 (satu) bulan
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan verifikasi dan vistitasi dalam jangka waktu paling lama 10 (sepuluh hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen dan mengeluarkan notifikasi persetujuan atau penolakan dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari sejak dilakukan visitasi
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen dalam waktu 3 (tiga) hari kerja  sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyarat Teknis :
    1. Memiliki entomologi atau tenaga kesehatan yang terlatih bidang entomologi serta persediaan bahan dan peralatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Persyarat Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukri Lunas PBB
    9. Notifikasi Dinas kesehatan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

  1. Persyarat Teknis (Permenuhan Komitmen) :
    1. Sertifikat pelatihan pelaksanaan perusahaan rumah tangga yang baik bagi pelaku usaha
    2. Memiliki sarana bangunan
    3. Memiliki prasarana yang memadai
  2. Persyarat Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/Operasional
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukri Lunas PBB
    9. Notifikasi Dinas Kesehatan
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh Pelaku usaha paling lama 2 (dua) tahun
    2. OPD terkait sesuai kewenangannya melakukan pemeriksaaan lapanagan paling lama 12 (dua belas) hari sejak Pelaku usaha menyampaikan pemenuhan komitmen.
    3. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak menerima notifikasi pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam
    2. Sumber Daya Manusia, sarana prasarana dan peralatan
    3. Sumber daya manusia, sarana prasarana dan peralatan sebagaimana dimaksud dipenuhi berdasarkan standar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Unit Simpan Pinjam (USP) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Persyaratan Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Usaha (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh koperasi dilakukan paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak pengajuan Izin Usaha dan/atau Izin Operasional
    2. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen paling lama 5 (lima) hari kerja sejak koperasi mengajukan permohonan persetujuan pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Sumber daya manusia, sarana prasarana dan peralatan sebagaimana dimaksud dipenuhi berdasarakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Persyarat Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonnan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Usaha (dari OSS)
    4. Bukti Lunas Pajak Reklame
    5. Bukti Lunas PBB
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh koperasi dilakukan paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak pengajuan Izin Usaha dan/atau Izin Operasional
    2. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen paling lama 5 (lima) hari kerja sejak koperasi mengajukan permohonan persetujuan pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam
    2. Sumber Daya Manusia, sarana prasarana dan peralatan
    3. Sumber daya manusia, sarana prasarana dan peralatan sebagaimana dimaksud dipenuhi berdasarkan standar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Unit Simpan Pinjam (USP) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Surat persetujuan dari OPD terkait
  2. Persyarat Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh koperasi dilakukan paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak pengajuan Izin Usaha dan/atau Izin Operasional
    2. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen paling lama 5 (lima) hari kerja sejak koperasi mengajukan permohonan persetujuan pemenuhan komitmen.
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam
    2. Sumber Daya Manusia, sarana prasarana dan peralatan
    3. Sumber daya manusia, sarana prasarana dan peralatan sebagaimana dimaksud dipenuhi berdasarkan standar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Unit Simpan Pinjam (USP) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Persyarat Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp. 6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti lunas pajak Reklame
    8. Bukti lunas PBB
  1. Persyaratan Teknis :
    1. Profil Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam
    2. Sumber Daya Manusia, sarana prasarana dan peralatan
    3. Sumber daya manusia, sarana prasarana dan peralatan sebagaimana dimaksud dipenuhi berdasarkan standar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Unit Simpan Pinjam (USP) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Persyarat Persetujuan Pemenuhan Komitmen :
    1. Permohonan persetujuan pemenuhan komitmen bermaterai Rp.6.000
    2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    3. Izin Komersial/operasional (dari OSS)
    4. IMB
    5. Izin Lokasi
    6. Izin Lingkungan
    7. Bukti Lunas Pajak Reklame
    8. Bukti Lunas PBB
  3. Waktu Penyelesaian :
    1. Pemenuhan Komitmen oleh koperasi dilakukan paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak pengajuan Izin Usaha dan/atau Izin Operasional
    2. DPMPTSP memberikan persetujuan pemenuhan komitmen paling lama 5 (lima) hari kerja sejak koperasi mengajukan permohonan persetujuan pemenuhan komitmen.
  1. Syarat Administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotocopy e-KTP pemohon
    3. Pasfoto warna 3 x 4 (2 lembar)
    4. Bukti lunas Pajak Reklame
    5. Foto terbaru        rencana       lokasi          penempatan reklame, pemotretan diambil dari 3 arah dengan jarak 10
    6. Surat kesepakatan dengan pemilik bangunan
    7. Gambar produk atau pesan yang akan disajikan
    8. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan Reklame (IMBR)
    9. Jaminan konstruksi dari pihak berkompeten terhadap konstruksi papan reklame berbentuk Billboard, Neonbox atau Videotron.
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotocopy e-KTP pemohon
    3. Pasfoto warna 3 x 4 (2 lembar)
    4. Fotocopy NPWP
    5. Fotocopy IMB
    6. Dokumen izin lingkungan
    7. Rekomendasi Lurah/Kepala Desa
    8. Bukti lunas Pajak Sarang Burung Walet
    9. Bukti lunas PBB
  2. Waktu Penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000,-
    2. Fotocopy e-KTP Pemohon
    3. Pasfoto 3 x 4 (2 lembar)
    4. Fotocopy NPWP.
    5. Fotocopy Izin Usaha
    6. Surat pernyataan memiliki Meteran Air
    7. Surat rencana pengambilan air permukaan perbulan/pertahun
    8. Peta Situasi dan gambar instruksi pengambilan air permukaan
    9. Data teknis pengambilan air permukaan
    10. Analisis fisika dan kimia Air Permukaan yang diterbitkan oleh lembaga yang terakreditasi 6 bulan terakhir
    11. Dokumen Lingkungan (AMDAL atau UKL/UPL) dan Izin Lingkungan
    12. Bukti Lunas Pajak Air Permukaan
    13. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  2. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.

 

PERPANJANGAN SIPAP

  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000,-
    2. Fotocopy e-KTP Pemohon
    3. Pasfoto 3 x 4 (2 lembar)
    4. Analisis fisika dan kimia Air Permukaan yang diterbitkan oleh lembaga yang terakreditasi 6 bulan terakhir
    5. Bukti Lunas Pajak Air Permukaan
    6. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  2. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan bermaterai Rp.6000,-
    2. Fotocopy e-KTP pemohon
    3. Fotocopy e-KTP RO/Optometris (O)
    4. Pasfoto penanggung jawab ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
    5. Fotocopy Akta pendirian
    6. Fotocopy Surat Izin Praktik RO/O
    7. Surat pernyataan bagi pemohon (RO) yang merangkap sebagai penanggung jawab (RO)
    8. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    9. Fotocopy NPWP, yang status wajib pajaknya telah dikonfirmasi melalui sistem informasi pada Pemerintah Daerah yang terhubung dengan sistem informasi dan Aplikasi pada Dirjen Pajak
    10. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    11. Fotocopy STRRO/STRO
    12. Fotocopy bukti kepemilikan tanah dan/atau bukti surat perjanjian sewa/kontak minimal jangka waktu 5(lima) tahun.
    13. Rekomendasi puskesmas setempat
    14. Data personalia beserta uraian tugasnya
    15. Denah lokasi
    16. Denah bangunan
    17. Daftar sarana dan peralatan yang akan digunakan
    18. Fotocopy perjanjian kerjasama dengan laboratorium dispensing bagi optikal yang tidak memiliki laboratorium
    19. Surat perjanjian pemilik fasilitas dengan Refraksionis Optisien (RO)
    20. Surat pernyataan kesediaan refraksionis optisien atau optometris untuk menjadi penanggung jawab pada optikal yang akan didirikan bermaterai Rp.6.000
    21. Surat pernyataan bahwa RO tidak bekerja di optikal lain bermaterai Rp. 6.000
    22. Surat pernyataan kerjasama dari lab optik tempat pemprosesan lensa-lensa pesanan, bila optikal tidak memiliki laboratorium sendiri bermaterai Rp.6.000
    23. Surat pernyataan tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sanggup dikenai sanksi bermaterai Rp. 6.000
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Izin Praktek Bidan Sarana
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
      2. Fotocopy e-KTP pemohon
      3. Pasfoto warna 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
      4. Fotocopy ijazah yang dilegalisir
      5. Fotocopy STR yang masih berlaku dan dilegilisir oleh MTKP Provinsi
      6. Rekomendasi dari organisasi profesi IBI, sesuai dengan tempat praktik
      7. Surat keterangan sehat dari dokter yang telah mempunyai izin paktik
      8. Surat Keterangan dari Pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyatakan masih bekerja pada fasilitas pelayanan yang bersangkutan.
      9. Surat keterangan dari pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan tempat Bidan akan berpraktik bermaterai Rp.6.00
    2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
    3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  2. Izin Praktek Bidan Mandiri
    1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
      1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
      2. Fotocopy e-KTP pemohon
      3. Pasfoto warna 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
      4. Fotocopy ijazah yang dilegalisir
      5. Fotocopy STR yang masih berlaku dan dilegilisir oleh MTKP Provinsi
      6. Rekomendasi dari organisasi profesi IBI, sesuai dengan tempat praktik
      7. Surat keterangan sehat dari dokter yang telah mempunyai izin paktik.
      8. Rekomendasi dari Kepala UPT Pukesmas setempat.
      9. Melampirkan fotocopy SIPB pertama untuk permohonan SIPB kedua
      10. Surat pernyataan memiliki tempat praktik bermaterai Rp.6.000
      11. Surat Pernyataan kesanggupan melayani inisiasi menyusui dini dan asi eksklusif bermaterai Rp.6.000
      12. Surat pernyataan sanggup tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang–undangan yang berlaku dan sanggup dikenakan saksi bermaterai Rp.6.000
      13. Surat pernyataan jam praktik mandiri (bagi bidan desa) bermaterai Rp.6.000
      14. Surat dari pimpinan faskes yang menyatakan tidak keberatan tenaga bidan untuk praktik mandiri bermaterai Rp.6.000.
    2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
    3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan bermaterai Rp.6000,-
    2. Fotocopy e-KTP pemilik sarana
    3. Fotocopy e-KTP penanggung jawab
    4. Pasfoto dokter penanggung jawab ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
    5. Fotocopy SIP dokter penanggung jawab
    6. Struktur organisasi instalasi/unit radiologi diagnostik
    7. Data ketenagaan di instalasi/unit radiologi diagnostik
    8. Data denah, ukuran, konstruksi dan proteksi ruangan
    9. Data peralatan dan spesifikasi teknis radiologi diagnostik
    10. Berita acara uji fungsi alat;
    11. Surat izin importir alat dari BAPETEN (untuk alat yang menggunakan radiasi pengion/sinar-X)
    12. Fotocopy Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan Bermaterai Rp. 6.000,-
    2. Fotocopy e-KTP Kepala Puskesmas
    3. Pasfoto warna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
    4. Fotocopy sertifikat tanah atau bukti kepemilikan lain yang sah
    5. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    6. Dokumen pengelolaan lingkungan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
    7. Surat keputusan dari Bupati terkait kategori Puskesmas
    8. Studi kelayakan untuk Puskesmas yang akan didirikan atau akan dikembangkan
    9. Profil Puskesmas yang meliputi aspek lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, dan pengorganisasian untuk Puskesmas yang mengajukan permohonan perpanjangan izin.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.

Catatan : persyaratan izin penyelenggaraan puskesmas di berlakukan untuk puskesmas yang dibangun setelah berlaku Permenkes No.75 Tahun 2014

  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan bermatrai 6000,-
    2. Potocopy e-KTP pemohon
    3. Pasfoto warna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar
    4. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STR ATLM yang di legalisir MTKP
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surat izin praktik
    7. Surat keterangan bekerja dari fasilitas pelayanan kesehatan yang bersangkutan
    8. Rekomendasi dari kepala dinas kesehatan kabupaten/kota atau pejabat yang ditunjuk
    9. Rekomendasi dari organisasi profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Syarat Administrasi (2 rangkap)
    1. Permohonan bermatrai 6000,-
    2. Fotokopi e- KTP Pemohon
    3. Pasfoto warna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
    4. Fotokopi akta pendirian badan usaha
    5. Fotokopi STPT dan atau SIP tenaga yang akan memberikan pelayanan
    6. Dokumen lingkungan (SPPL atau UKL/UPL) dan izin lingkungan
    7. Fotokopi izin lokasi (luas lokasi lebih dari 1 Ha)
    8. Fotokopi profil Griya SPA yang meliputi pengorganisasian, lokasi dan klasifikasi Griya SPA
    9. Mengisi daftar asessment yang disediakan
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi STR yang diterbitkan dan dilegalisir asli oleh KKI
    5. Surat pernyataan mempunyai tempat praktik, atau surat keterangan dari fasilitas pelayanan kesehatan sebagai tempat praktik bermaterai Rp. 6000
    6. Surat persetujuan dari atasan langsung bagi Dokter dan Dokter Gigi yang bekerja pada instansi/fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah atau pada instansi/fasilitas pelayanan kesehatan lain
    7. Surat rekomendasi dari organisasi profesi, sesuai tempat praktik
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-KTP Pemohon
    3. Pas Foto 3×4 ( 3 lembar)
    4. fotocopy STR yang masih berlaku dan dilegalisasir
    5. Surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    6. Surat pernyataan memiliki tempat di praktik mandiri atau di fasilitas pelayanan kesehatan di luar praktik mandiri
    7. Rekomendasi dari organisasi profesi.
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah pendidikan Apoteker yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRA dengan menunjukkan STRA asli
    6. Fotokopi SIPA pertama (jika mengajukan SIPA kedua)
    7. Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter yang memiliki SIP
    8. Surat pernyataan dari apoteker bahwa apoteker tidak memiliki SIA pada Apotek lainnya bermaterai Rp. 6.000
    9. Surat pernyataan mempunyai tempat praktik profesi atau surat keterangan dari pimpinan fasilitas pelayanan kefarmasian
    10. Surat persetujuan dari atasan langsung bagi apoteker di fasilitas kesehatan
    11. Rekomendasi dari organisasi profesi (IAI) sesuai tempat praktik
    12. SIPA Asli (jika memperpanjang)
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah pendidikan Tenaga Teknis Kefarmasian yang di legalisir
    5. Fotokopi STRTTK dengan menunjukkan STRTTK asli
    6. Fotokopi SIPTTK pertama (jika mengajukan SIPTTK kedua)
    7. Fotokopi SIPTTK pertama dan kedua (jika mengajukan SIPTTK ketiga)
    8. Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter yang memiliki SIP
    9. Surat pernyataan apoteker atau surat keterangan dari pimpinan fasilitas pelayanan kefarmasian
    10. Surat persetujuan dari atasan langsung bagi tenaga teknis kefarmasian di fasilitas kesehatan
    11. Rekomendasi dari organisasi yang menghimpun Tenaga Teknis Kefarmasian
    12. SIPTTK Asli (jika memperpanjang)
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRPA
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan memiliki tempat praktik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRTG
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau tempat praktik Pelayanan Gizi secara mandiri bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Oranisasi Profesi
  2. Syarat Teknis: Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang di legalisir
    5. Fotokopi STRTGM
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan memiliki tempat praktik bermatrai Rp. 6000
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  2. Syarat Teknis: Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan Bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotocopy ijazah yang dilegalisir
    5. Fotocopy STRF
    6. Rekomendasi dari organisasi profesi.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang di legalisir
    5. Fotokopi STR-E atau STR-E sementara
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat keterangan bekerja dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau Fasilitas Kesehatan yang bersangkutan
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang di legalisir
    5. Fotokopi STROT
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di fasilitasi pelayanan kesehatan atau tempat praktik pelayanan okupasi terapis secara mandiri.
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STROP
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau tempat praktik pelayanan secara mandiri bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Oranisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Adminisitrasi:
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    3. Foto copy ijazah yang di legalisir
    4. Foto copy STRTW
    5. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai izin paraktik
    6. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di pasilitas pelayanan kesehatan atau tempat praktik secara mandiri
    7. Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi tim teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi Ijazah Yang Dilegalisasi Pas
    3. Pas foto bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotokopi STRAT Yang Masih Berlaku Dan Dilegalisasi asl
    5. Surat Keterangan Sehat Dari Dokter Yang Memiliki Surat Izin Praktik
    6. Furat Pernyataan Memiliki Tempat Praktik Atau Surat Keterangan Dari Pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tempat Akupunktur Terapis Berpraktik
    7. Rekomendasi Dari Organisasi Profesi.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi tim teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    3. Fotokopi sertifikat kompetensi
    4. Fotokopi e-ktp
    5. Foto kopi Surat Tanda Registrasi Radiografer (STRR)
    6. Surat keterangan sehat dari dokter
    7. Surat pernyataan memiliki tempat kerja di fasilitas pelayanan kesehatan atau tempat praktik
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Foto Copy e-KTP Pemohon
    3. Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar
    4. Fotocopy STR yang masih berlaku dan dilegalisas
    5. Surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    6. Surat pernyataan memiliki tempat di praktik mandiri atau di fasilitas pelayanan kesehatan di luar praktik mandiri
    7. Rekomendasi dari organisasi profesi.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi tim teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotocopy ijazah yang dilegalisir;
    5. fotocopy STRPA;
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik;
    7. Surat pernyataan memiliki tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan;
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRRO
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Oranisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRO
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Oranisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Surat permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STR Perekam Medis
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari organisasi profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Surat permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRTGz
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau tempat praktik Pelayanan Gizi secara mandiri bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Oranisasi Profesi
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi :
    1. Permohonan Bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai SIP
    6. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja difasilitas pelayanan kesehatan/tempat kerja atau tempat pelayanan ortotik prosetik secara mandiri
    7. Rekomendasi dari organisasi profesi
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Surat permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRTS
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan memiliki tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan Bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotocopy ijazah yang dilegalisir
    5. Fotocopy STROT
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surat izin praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di fasilitas pelayanan kesehatan atau tempat praktik pelayanan okupasi terapi secara mandiri
    8. Rekomendasi dari organisasi profesi
  2. Persyaratan Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotocopy ijazah yang dilegalisir
    5. Fotocopy STROT
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surat izin praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di fasilitas pelayanan kesehatan atau tempat praktik pelayanan okupasi terapi secara mandiri
    8. Rekomendasi dari organisasi profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi :
    1. Surat permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir
    5. Fotokopi STRTW
    6. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik
    7. Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau tempat praktik mandiri bermaterai Rp. 6.000
    8. Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi :
    1. Permohonan Bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotokopi SBR-TPKA
    5. Fotokopi surat izin praktik/surat izin kerja tenaga kesehatan yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
    6. Fotokopi ijazah pendidikan tenaga pengobatan komplementer-alternatif yang di sahkan oleh pimpinan penyelanggara pendidikan yang bersangkutan
    7. Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki SIP
    8. Surat keterangan dari pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyatakan tanggal mulai bekerja untuk yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan
    9. Surat keterangan telah menyelesaikan adaptasi,bagi lulus luar negri
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan Bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Fotokopi sertifikat / ijazah pengobatan tradisional.
    5. Biodata pengobat tradisional sebagaimana contoh Formulir B.
    6. Surat keterangan Kepala Desa/Lurah tempat melakukan pekerjaan sebagai pengobat tradisional.
    7. Peta lokasi usaha dan denah ruangan
    8. Rekomendasi dari asosiasi/organisasi profesi di bidang pengobatan tradisional yang bersangkutan.
    9. Fotokopi sertifikat / ijazah pengobatan tradisional
    10. Surat pengantar Puskesmas setempat
    11. Bentuk SIPT sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagaimana terlampir pada Formulir E.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan administrasi
    1. Permohonan Bermaterai Rp.6.000,-
    2. Fotokopi e-ktp
    3. Pas Foto Bewarna 4X6 ( 3 lembar)
    4. Izin tukang gigi
    5. Surat keterangan kepala desa/lurah tempat melakukan pekerjaan sebagai tukang gigi
    6. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah yang memiliki surat izin praktik.
  2. Syarat Teknis : Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Surat permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotocopy e-KTP pemohon
    4. Denah bangunan
    5. Persetujuan sempadan
    6. Surat keterangan usaha
    7. Hasil inspeksi kesehatan lingkungan
    8. Hasil pemeriksaan laboratorium yang terakreditasi
    9. Rekomendasi puskesmas
  2. Syarat Teknis :Rekomendasi Tim Teknis
  3. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Akta pendirian perusahaan dan perubahannya yang telah disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM
    4. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    5. Fotokopi e-KTP pemohon
    6. Fotokopi NPWP
    7. Izin lokasi
    8. Izin Lingkungan
    9. Bukti lunas Pajak Reklame
    10. Bukti lunas PBB.
  2. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Akta pendirian perusahaan dan perubahannya yang telah disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM
    4. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    5. Fotokopi e-KTP pemohon
    6. Fotokopi NPWP
    7. Izin Lokasi
    8. Izin Lingkungan
    9. Bukti lunas Pajak Reklame
    10. Bukti lunas PBB
  2. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.
  1. Persyaratan Administrasi
    1. Permohonan bermaterai Rp. 6.000
    2. Pasfoto berwarna 4×6 (3 lembar)
    3. Fotokopi e-KTP pemohon
    4. Fotokopi NPWP
    5. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    6. Izin Usaha
    7. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    8. Izin Lingkungan
    9. Bukti lunas Pajak Reklame
    10. Bukti lunas PBB
  2. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya dokumen perizinan secara lengkap dan benar.

Copyright © 2017 - 2019 DPMPTSP KAB. INHIL. All Rights Reserved.